Komunikasi massa adalah proses di mana organisasi
media membuat dan menyebarkan pesan kepada khalayak banyak (publik).
Organisasi - organisasi media ini akan menyebarluaskan
pesan-pesan yang akan memengaruhi dan mencerminkan kebudayaan suatu
masyarakat, lalu informasi ini akan mereka hadirkan serentak pada khalayak luas
yang beragam. Hal ini membuat media menjadi bagian dari salah satu institusi
yang kuat di masyarakat.
Dalam komunikasi massa, media massa menjadi otoritas
tunggal yang menyeleksi, memproduksi pesan, dan menyampaikannya pada
khalayak.
Berikut ini adalah Komunikasi Massa menurut para ahli
:
1. John R. Bittner
Definisi komunikasi massa yang paling sederhana
dikemukakan oleh Bittner, yakni: komunikasi massa adalah pesan yang
dikomunikasikan melalui media massa pada sejumlah besar orang (mass
communication is messages communicated through a mass medium to a large number
of people). Dari definisi tersebut dapat diketahui bahwa komunikasi massa itu
harus menggunakan media massa. Jadi sekalipun komunikasi itu disampaikan kepada
khalayak yang banyak, seperti rapat akbar di lapangan luas yang dihadiri oleh
ribuan, bahkan puluhan ribu orang, jika tidak menggunakan media massa, maka itu
bukan komunikasi massa. Media komunikasi yang termasuk media massa adalah radio
siaran, dan televisi- keduanya dikenal sebagai media elektronik; surat kabar
dan majalah- keduanya disebut dengan media cetak; serta media film. Film
sebagai media komunikasi massa adalah film bioskop.
2. Charles R. Wright
Wright mengemukakan definisinya sebagai berikut: “This
new form can be distinguished from older types by the following major
characteristic: it is directed toward relatively large, heterogeneus, and
anonymous audiences; messages aretransmitted publicly, often-times to reach
most audience member simultaneously, and are transeint in character; the
communicator tends to be, or to operate whitin, a complex organization thet may
involve great expense”
Menurut Wright, bentuk baru komunikasi dapat dibedakan
dari corak-corak yang lama karena memiliki karakteristik utama sebagai berikut:
diarahkan pada khalayak yang relatif besar, heterogen dan anonim; pesan
disampaikan secara terbuka, seringkali dapat mencapai kebanyakan khalayak
secaraserentak, bersifats ek ila s (khusus untuk media elektronik, seperti
siaran radio siaran dan televisi). Seperti halnya Gerbner yang dikemukakan
bahwa komunikasi massa itu akan melibatkan lembaga, maka Wright secara khusus mengemukakan
bahwa komunikator bergerak dalamorganisasi yang kompleks.
3. Meletzke
Definisi komunikasi massa dari Meletzke berikut ini
memperlihatkan massa yang satu arah dan tidak langsung sebagai akibat dari
penggunaan media massa, juga sifat pesannya yang terbuka untuk semua orang.
Dalam definisi Meletzke, komunikasi massa diartikan sebagai setiap bentuk
komunikasi yang menyampaikan pernyataan secara terbuka melalui media penyebaran
teknis secara tidak langsung dan satu arah pada publik yang tersebar. Istilah
tersebar menunjukkan bahwa komunikan sebagai pihak penerima pesan tidak berada
di suatu tempat, tetapi tersebar di berbagai tempat.
4. Gebner
Definisi komunikasi massa yang lebih rinci dikemukakan
oleh ahli komunikasi yang lain, yaitu Gebner. Menurut Gerbner (1967) “Mass
communication is the tehnologically and institutionally based production and
distribution of the most broadly shared continous flow of messages in
industrial societes”. (Komunikasi massa adalah produksi dan distribusi yang
berlandaskan teknologi lembaga dari arus pesan yang kontinyu serta paling luas
dimiliki orang dalam masyarakat indonesia (rakhmat, seperti yang dikutip
Komala, dalam Karnilah, dkk.1999). Dari definisi Gerbner tergambar bahwa
komunikasi massa itu menghasilkan suatu produk berupa pesan-pesan komunikasi.
Produk tersebut disebarkan, didistribusikan kepada khalayak luas secara terus
menerus dalam jarak waktu yang tetap, misalnya harian, mingguan, dwimingguan
atau bulanan. Proses memproduksi pesan tidak dapat dilakukan oleh perorangan,
melainkan harus oleh lembaga, dan membutuhkan suatu teknologi tertentu,
sehingga komunikasi massa akan banyak dilakukan oleh masyarakat industri.
Jalaluddin Rakhmat merangkum bahwa komunikasi massa
adalah jenis komunikasi yang ditujukan kepada sejumlah khalayak yang tersebar,
heterogen dan anonim melalui media cetak atau elektronik sehingga pesan yang
sama dapat diterima secara serentak dan sesaat (Rakhmat, 2008).
Daftar Pustaka
https://id.wikipedia.org/wiki/Komunikasi_massa
http://blogpsikologi.blogspot.co.id/2015/12/pengertian-dan-contoh-komunikasi-massa.html
http://ciputrauceo.net/blog/2016/4/21/komunikasi-massa-dan-efek-komunikasi-massa
https://alainoengvoenna.wordpress.com/2011/02/17/5-definisi-komunikasi-massa-menurut-para-ahli/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar